Kangeennn….

Aduh kangen banget deh rasanya udah lama gak nulis di wordpress. Baru sempet buka nih 😀 . Gara gara sibuk ngurusin bisnis crochet ama mudik abis itu persiapan buat ospek di TL Undip kemaren akhirnya baru isa nulis nih. Walau gak mutu baca aja yah.. Yah bagi para followersku yang tak seberapa maaf kalo ada…

Tenaga Eksogen – EROSI

Tenaga geologi dibagi menjadi duamacam, yaitu tenaga endogen dan tenaga eksogen. Tenaga endogen adalah jenis tenaga geologi yang bersifat membangun, sedangkan tenaga eksogen ialah tenaga geologi yang bersifat merusak. Salah satu tenaga eksogen adalah erosi. Erosi dibagi menjadi beberapa jenis antara lain, Berdasarkan jenis Air laut                 :  abrasi Air hujan             :  korosi Es                            :  glasial…

FAKTA TENTANG BENUA

Berikut inilah fakta tentang Benua, Lautan Atlantik saat ini terus bertambah luas dengan kecepatan 2 cm per tahun. Ketika benua-benua bergerak, iklim berubah. 440 juta tahun yang lalu Gurun Sahara berupa es.

Fakta Tentang Sedimentasi

Jika pada suatu tempat sedimen terkumpul secara terus-menerus sejak zaman Kambria, maka strata sedimen karang yang dihasilkan sekarang kedalamannya akan lebih dari 160 km (100 mil).

Tabel Skala Waktu Geologi

Tabel 1. Skala Waktu Geologi KURUN MASA ZAMAN KALA Fanerozoikum Kenozoikum Kwarter Holosen Pleistosen Tersier Neogen* Pliosen Miosen Paleogen* Oligosen Eosen Paleosen Mesozoikum Kapur Lihat Tabel 3. Jura Trias   Paleozoikum Perm Lihat Tabel 4. Karbon Devon Silur Ordovisium Kambrium Kriptozoikum Arkeozoikum     Keterangan :  * =  Sub-zaman Tabel 2. Jangka Waktu Skala Waktu…

Pendahuluan Fosil

Apakah fosil itu ? Fosil adalah bukti yang terawetkan dari tumbuhan atau hewan yang pernah hidup. Arti kata “fosil” adalah “menggali keluar dari dalam tanah”, dan kebanyakan fosil ditemukan terawetkan dalam lapisan-lapisan batuan. Fosil yang paling umum adalah kerangka yang tersisa seperti cangkang, gigi, dan tulang. Fosil jaringan lunak sangat jarang ditemukan. Di mana fosil…

Hidupkan Dinosaurus Tak Lagi Jadi Hal Mustahil

London – Para ahli menemukan cara menghidupkan kembali hewan yang telah lama punah dari muka Bumi ini. Kini, taman jurasic bukan lagi isapan jempol semata. Bagaimana? Penasihat teknis Jack Horner mengaku akan menggunakan burung hidup untuk menetaskan dinosaurus. Profesor palaentology dari Montana State University yakin, DNA burung modern mengandung ingatan genetik yang bisa ‘diaktifkan’ kembali…

Skala Waktu Geologi

Tidak diketahui dengan pasti berapa juta tahun yang lalu bumi ini “dilahirkan”. Demikian pula kapan kulit bumi ini terbentuk. Untuk memperkirakan hal tersebut, dengan didasari ilmu pengetahuan dan bertitik tolak dari gejala-gejala geologi yang terekam pada kulit bumi yang berhasil diamati, dicoba disusun skala waktu geologi. Seorang ahli geologi Italia bernama Giovani Arduino (1760) mengusulkan…

Geologi Sejarah – Teori

Geologi Sejarah merupakan salah satu cabang geologi yang mempelajari sejarah terjadinya bumi dan peristiwa-peristiwa yang pernah terjadi padanya. Semenjak manusia menghuni bumi ini mereka ingin mengetahui dan ingin mendapat jawaban mengenai bagaimana terjadinya bumi, kapan terjadinya, dan peristiwa-peristiwa apa saja yang telah terjadi padanya. Untuk menjawab pertanyaan tersebut bukan merupakan hal yang mudah. Ini disebabkan…