AUTOCAD : #7 Koordinat Memudahkan Garis

Disini aku bakal nerangin beberapa kegunaan koordinat dalam pembuatan garis di ACAD. Nah biar tambah mudeng dimana perbedaanya ntar langsung kukasih contoh di setiap point jenis koordinatnya yakπŸ˜€

Misalnya nih kamu mau buat garis yang membentuk persegi dengan ukuran 300mmx300mm*sesuai dengan ukuran Units yang kamu gunakan.

Kalo gambar gak jelas tinggal di klik di gambarnya saja ya…
koordinat

  • koordinat absolute (x,y)

koordinat absolute berpedoman ama aturan tanda yang menyesuaikan dengan default yang berlaku pada status bar, yaitu di pojok kiri bawah sama pojok kanan atas. Kalo kamu pake jenis koordinat ini selama ngejalanin ACAD kamu harus bener ati-ati dan pinter dalam penjumlahan soalnya pedoman dibuatnya garis ya dari pedoman default yang udah disebutin tadi.

Command : L [enter]
LINE specify first point : 100,100 [enter]
Specify next point or [Undo] : 400,100 [enter]
Specify next point or [Undo] : 400,400 [enter]
Specify next point or [Undo] : 100,400 [enter]
Specify next point or [Undo] : c [enter]

perintah c disini berguna untuk langsung menutup garis ke asal muasal garis dibuat. Jadi gak usah repot-repot ketik banyak kan ?

  • koordinat relative (@x,y)

Koordinat relative berpedoman sama titik sebelumnya yang udah dibuat guys. Yang ini paling umum diguakan soalnya gampang. Tinggal tambah akura, kalo DYN gak β€œon” ato kalo mau tanpa ribet pake akura tinggal aktifin DYN aja.

Command : L [enter]
LINE specify first point : klik sembarang tempat
Specify next point or [Undo] : @300,0 [enter]
Specify next point or [Undo] : @0,300 [enter]
Specify next point or [Undo] : @-300,0 [enter]
Specify next point or [Undo] : c [enter]

Nah angka yang dimasukkan itu adalah panjang garisnya dan letaknya di sumbu x,y.

  • koordinat polar (@panjang garis<sudut)

Nah kalo di koordinat polar ada ketentuan yang agak beda nih guys, jadi kita berpedoman sama panjang garis dan besarnya garis yang ditentukan ama aturan jarum jam.
Perhitungan sudut dimulai dari quadrant 1 dimana sudut yang berlawanan dengan jarum jam diangga (+) dan yang searah dengan jarum jam dianggap (-).

Command : L [enter]
LINE specify first point : klik sembarang tempat
Specify next point or [Undo] : @200<0 [enter]
Specify next point or [Undo] : @200<90 [enter]
Specify next point or [Undo] : @200<180[enter]
Specify next point or [Undo] : c [enter]

Udah mudeng ? Kalo belum semisalnya aku bakal buat contoh jajaran genjang nih guys dengan panjang 100 mm tiap sisinya dengan sudut 45o.

koordinat polar
Command : L [enter]
LINE specify first point : klik sembarang tempat
Specify next point or [Undo] : @100<0 [enter]
Specify next point or [Undo] : @100<135 [enter]
Specify next point or [Undo] : @100<180[enter]
Specify next point or [Undo] : @100<315 [enter] atau ketik c [enter]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s