AUTOCAD : #5 Panel Alat Bantu

Di ACAD juga terdapat alat bantu nih guys buat mudahin kalian saat nggambar.

1.    SNAP

Snap bisa ngebantu kita buat mengatur loncatan kursor pada bidang gambar sehingga hasilnya bisa kelihatan melompat sesuai nilai yang udah kita masukin.

Gimana cara ngaktifinnya ?

Ya tinggal klik aja panel SNAP di bawah Command line-mu ato tekan aja F9

2.    GRID

Grid itu alat batu yang mirip seperti titik-titik pada layar. Kalo tak piker-pikir sih kayak millimeter block sih hhehe. Nah keunikannya nih grid bisa diatur sesuai keinginan dan kebutuhan kalian, beda kan ama millimeter block yang cumin kayak gitu gitu aja, paling kalo dirubah juga ukuran kertasnya dari yang A4 jadi A3 hhehe dirubah dengan beli baru yang lebih gede :D

Gimana cara ngaktifinnya ?

Klik panel GRID di bawah Command line ato teken aja F7. Nah ntar muncul Drafting Settingnya kan guys dengan klik kanan di panel GRID -> Settings… Trus tinggal atur aja ukuran grid (x,y) nya

3.    ORTHO

Disini ortho punya fungsi buat membatasin gerak kursor jadi cumin bisa gerak horizontal atau vertikal aja. Gak bisa gerak miring sama sekali hebat kan ?

Gimana cara ngaktifinnya ?
Seperti panel sebelumnya, tinggal di klik aja panel ORTHOnya ato tekan F8

 #5 Polar 2

4.    POLAR

Polar punya fungsi buat mbantu kita ngegambar yang butuh keakuratan sudut guys. Jadi kita harus aktifin seperti panel-panel sebelumnya ato tekan F10. Jadi setelah panel di aktifkan klik kanan di panel POLAR dan tinggal diatur aja sudut berapa yang kita inginkan trus tinggal di klik OK.

#5 Polar 1

Misalnya nih kita mau ambil sudut 45 derajat, nah kita tinggal klik aja 45.

#5 GRID

Gampang kan

5.    OSNAP dan OTRACK

Mereka berdua berfungsi untuk mencari titik tertentu pada daerah kosong di bidang maupun line yang udah kita buat guys. Jadi kita gak using bing-bingung mana sih titik tengahnya, tangennya dll.

Cara aktifinnya ?
Kamu klik aja panelnya di bawah Command line ato tekan F11 untuk object trackingnya.

Gimana cara pakenya ?
Tinggal kita singgungin aja kursor, trus ntar kan berubah bentuk kursornya, nah itu tinggal kamu pasin kamu mau pake yang tangent, mid point, node, center, quadrant, intersection ato yang laennya.

6.    DYN

DYN disini berfungsi untuk memudahkan kita biar gak usah ngetik di command line. Tapi perbedaanya untuk angka yang di Command line harus pake (@) ato akura, tapi kalo DYN sudah di “on” kan kalian gak usah ngetik akura-nya guys.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s