PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI (2. Sistem Komunikasi Satelit Domestik (SKSD) Palapa)

Dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia dilakukan pembangunan Sistem Komunikasi Satelit Domestik (SKSD)untuk keperluan komunikasi. Pembangunan satelit itu dimulai pada tahun 1975 dan selesai pada tahun 1976 dan diberi nama Palapa yang diambil dari Sumpah Mahapatih Gajah Mada untuk menyatukan Nusantara. SKSD Palapa merupakan suatu sistem satelit komunikasi yang dikendalikan oleh sistem pengendalai yang ada di bumi, yang mempunyai fungsi sebagai sarana dalam berbagai aktivitas komunikasi.

Satelit komunikasi mempunyai masa kerja tertentu. Satelit yang masa kerjanya sudah habis harus diganti dengan satelit generasi terbaru. Secara bertahap, seluruh daerah di Indonesia dapat dijangkau oleh SKSD Palapa. Generasi pertama dari SKSD Palapa adalah Palapa A-1 yang diluncurkan pada tanggal 8 Juli 1976. Berturut-turut dari generasi satelit yang diluncurkan adalah :

  • Palapa A-2 (10 Maret 1977)
  • Palapa B-1 ( 19 Juni 1983)
  • Palapa B-2 (6 Februari 1984)
  • Palapa B-2P (20 Maret 1987)
  • Palapa B-2R (20 Maret 1990)
  • Palapa B-4 ( 7 Mei 1992)
  • Palapa C-1 (Februari 1996)
  • Palapa C-2 yang diluncurkan pada tanggal 16 Mei 1996. Palapa C-2 ini menggantikan posisi Palapa C-1.
  • Sekarang ini, kita juga mengenal satelit komunikasi yang lain yakni Telkom-1 dan Garuda-1.

Jangkauan dari satelit Palapa C-2 meliputi wilayah Irian sampai Vladiwostok (Rusia) dan dari Australia sampai Selandia Baru. Selain dipergunakan untuk kepentingan bangsa, satelit itu juga digunakan oleh negara-negara tetangga seperti, Amerika, Papua New Guinea, Macao, Selandia Baru, dan Vietnam.

Melalui SKSD Palapa, hubungan komunikasi antar daerah dan antar negara menjadi lebih mudah. Sistem komunikasi tersebut memungkinkan bangsa Indonesia mengetahui berbagai informasi yang disajikan melalui televisi dengan cepat. Informasi yang berasal dari negara lain dapat dengan cepat kita terima. SKSD Palapa dapat dimanfaatkan untuk keperluan komunikasi telepon, baik SLJJ, maupun SLI. Jaringan telepon yang memanfaatkan SKSD Palapa ternyata tidak hanya menyatukan seluruh daerah, tetapi juga mempermudah hubungan dengan dunia internasional.

2 Comments Add yours

  1. pirimiri says:

    nice info gan. .salam kenal

    1. shenamc says:

      iyap🙂
      salam kenal juga hhahaw

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s