Sedimentasi

Perubahan cuaca dan erosi daratan serta lautan menghasilkan sejumlah besar sedimen, yang umumnya tersusun dalam strata (lapisan-lapisan). Ukuran dan bentuk deposit sedimen tergantung dari proses sedimen tersebut mengendap. Pasir pantai dan sungai menghasilkan deposit berbentuk pita. Partikel-partikel lumpur dalam danau dan lautan didepositkan dalam lapisan yang tipis. Setelah berjuta-juta tahun, deposit itu mengeras menjadi karang.

Karang Padang Pasir

Deposit tertua terdapat pada lapisan yang paling bawah, sedangkan yang baru di bagian atas. Warna dari karang ini,dan hamparan lapisan-lapisan yang tertata pada sudut yang berbeda-beda, adalah ciri dari deposit yang terbawa angin.

Padang Pasir dan Delta

Padang pasir menghasilkan batu pasir dengan butiran-butiran bulat. Delta sungai menghasilkan pasir dan lumpur dalam jumlah yang sangat banyak. Berat deposit yang lebih baru menekan deposit bagian bawahnya yang lebih tua.

Di Bawah Laut

Jenis deposit di laut tergantung dari kedalaman dan keadaan energinya. Air dalam lebih banyak mempunyai lumpur halus. Air dangkal cenderung mempunyai partikel-partikel pasir.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s