ZAMAN PALEOZOIKUM – Zaman Devon (Sifat Batuan)

Sifat Batuan Zaman Devon

Sistem Devon dapat dibedakan dan berkembang dalam dua macam faries dengan penyebaran yang luas. Zaman Devon sebagian termasuk dalam fase erosi daur laut Caledonia. Dalam hal ini Za,man Devon terutama berkembang sebagai fasies Batupasir Merah Tua (Old Red Sandstone) dimana nama ini diambil dari daerah pertambangan di Inggris. Lapisan batubara di sini

Batupasir Merah Tua terdiri dari arkose, konglomerat, batupasir, serpih yang utama berwarna merah. Di samping itu didapatkan perlapisan silang siur, gelembur gelombang, rekah kerut yang menunjukkan bahwa di situ terdapat air tawar yang melimpah. Oleh sebab itu pada lapisan tersebut didapatkan sisa-sisa ikan dan fosil Amfibia dalam jumlah yang banyak antara lain didapatkan di Tanah Hijau. Tebal lapisan Batupasir Merah Tua ini mencapai 6.000 m.

Di Australia Sistem Devon di cirikan oleh volkanisme yang hebat yang terjadi setelah perlipatan Geosinklin Tasmania pada akhir Zaman Silur dalam hal ini dinamakan sebagai orogenesa Bowning, seusia dengan Orogenesa Caledonia. Orogenesa Bowning ini yang  menyababkan terjadinya susut laut sehingga endapan laut hanya dijumpai di Tasmania, New South Wales dan Queensland, sedang selama Devon Tengah laut menggenangi daratan lagi. Di tempat itu masih diendabkan bahan-bahan volkanik dengan di beberapa tempat terdapat selinagan terumbu koral dan fosil laut lainnya. Devon Tangah berakhir dengan suatu pembentukan pegunungan sehingga seluruh Geosinklin Tasmania terangkat lagi. Orogenesa yang menyebabkan disebut sebagai Oroganesa Tabberabbera. Pengendapan di laut tidak banyak dan terjadilah cekungan yang luas dengan pembentukan endapat limne.

lihat juga :
  1. pendahuluan zaman Devon
  2. umur batuan zaman Devon
  3. kesan kehidupan selama zaman Devon
About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s