ZAMAN PALEOZOIKUM – Zaman Devon (Kesan Kehidupan)

Kesan Kehidupan Selama Zaman Devon

Telah diuraikan di depan bahwa Zaman Devon dicirikan dengan munculnya tumbuh-tumbuhan darat pertama dan bintang Vertebrata, di samping itu Pilum Brachiopoda, Coelentererata dan golongan         Ammonit mempunyai perkembangan yang sangat baik.

Brachiopoda yang sudah ada semenjak Zaman Silur berkembang hingga Zaman Devon. Di antara anggota Brachiopoda yang terkhususkan adalah Spiriferoida, dan punah akhir Paleozoikum. Karena mempunyai perkembangan yang khusus maka Zaman Devon dat dibagi menjadi beberapa jenjang ; Devon Bawah; Devon tengah; dan Devon Atas.

1. Devon Bawah dicirikan oleh :

  • Spirifer mercurii,
  • S. (Hysterolithes)primaeevus,
  • S. hystricus,
  • S. bichoffi,
  • S. arduennis,
  • S. hercyneae,
  • S. paradoxus,
  • S. decheni,
  • S. spicious,
  • S. cutijugatus,
  • S. elegans.

2. Devon Tengah dicirikan oleh :

  • Spirifer osteolatus,
  • S. mediotextus,
  • S. apeturtus,
  • S. anosoffi, dan
  • S. mucronatus

3. Devon Atas dicirikan oleh :

  • Spirifer verneuilli,
  • S. archiaci, dan
  • Cyrtina murchisoni

Pilum Coelelenterata diwakili oleh Tetracoral. Yang dikenal diantaranya adalah Calceola sandalina yang dijumpai di seluruh benua Erasia. Jenis lain yang sering didapatkan antara lain Pleurodyctum problematicum, Phylilip sastraea pentagona, Cyathophyllum hypercrateroforme, sedang bentuk-bentuk yang terkhusus untuk Zaman Devon adalah Ptenophyllum, Astrophyllum, Kereophyllum, Dohmophillum, Zonophyllum, Digonophyllum, Leptoinophyllum, Spenophyllum, Sparganophyllum, Lytophyllum, Atelophyllum, Diatylophyllum, Spongophyllum, Stringgophyllum, Neostringophyllum dan Campophyllum.

            Di samping golongan binatang tersebut, beberapa anggota dari Mollusca dan Arthropoda juga berkembang dengan baik, bahkan beberapa diantaranya terkhusus untuk Zaman Devon. Demikian juga golongan Vertebrata lain ikan dan Amfibia.

            Golongan Vertebrata mulai memegang peran penting, beberapa di antaranya menunjukkan adanya transisi dari kehidupan air ke kehidupan darat. Beberapa di antaranya adalah: Eusthenopteron foordi. Sebangsa ikan dengan panjang tubuh 0, 65 m dijumpai pada batuan yang berumur Devon Atas di Escuminac, Quebeq, Ichthyostega sebangsa Amfibia yang dijumpai pada batuan yang berumur Devon di daerah Greenland dan dianggap golongan Tetrapoda yang tertua, Hemicyclaspis murchisoni termasuk golongan ikan yang didapatkan pada batuan yang berumur Devon Bawah di Downtownian di Inggris, Lasanius problematicus termasuk golongan ikan yang sudah diketahui sejak Zaman Silur Atas dan pernah didapatkan pada batuan yang berumur Devon di Glasgow, Skotlandia, Climatus reticulatus  termasuk golongan ikan yang dijumpai pada Batupasir Merah Tua di Turin Hill, Skotlandia, Dinichthys termasuk golongn ikan yang dijumpai pada serpih yang berumur Devon Atas di Cleveland, Ohio.

Fosil ikan yang didapatkan pada tahun 1953 di Grahamstown, Afrika Selatan ialah Crossopterygian, sedang jenis yang sama ialah Pterichthyods milleri yang berumur Devon Tengah didapatkan di Skotlandia. Yang termasuk golongan ikan paus ialah Cladoselache flyleri yang panjangnya 7,3 m didapatkan di Clevelan, Ohio pada batuan yang berumur Devon Atas bagian atas.

Golongan tumbuh-tumbuhan sudah banyak dikenal pada Zaman Devon di antaranya Rhynea yang didapatkan pada Batupasir Merah Tua di Skotlandia, Archeopteris  yang dijumpai di Pulau Bear daerah Artika pada batuan yang berumur Devon Atas, Eospermatopteris, Protolepidodendrom yang didapatkan di daerah Gilboa, New York pada batuan yang berumur Devon Tengah, Ateroxylon mackiei dan Hornaelignieri yang didaptkan di Rhynie, Skotlandia pada batuan yang berumur Devon Bawah. Kesemua jenis tumbuh-tumbuhan tersebut masih terbatas pada jenis yang masih sederhana atau dinamakan tumbuhan tingkat rendah.

lihat juga :
  1. pendahuluan zaman Devon
  2. sifat batuan zaman Devon
  3. umur batuan Devon
About these ads

3 gagasan untuk “ZAMAN PALEOZOIKUM – Zaman Devon (Kesan Kehidupan)

  1. Mochammad mengatakan:

    Informatif sekali… Terima kasih telah menambah pengetahuan siapa pun yang ikut membaca, termasuk saya.
    :) Salam,

    Mochammad
    http://mochammad4s.wordpress.com
    http://piguranyapakuban.deviantart.com

  2. yos mengatakan:

    Saya masih memerlukan informasi yang lebih lengkap tentang zaman paleozoikum. Terima kasih infornya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s